Dalam pembahasan Teknologi dan Art Radio, kita mengenal istilah yang selalu melekat, yaitu Am dan Fm. AM (atau Amplitude Modulation) dan FM (atau Frequency Modulation) adalah cara penyiaran sinyal radio. Keduanya mengirimkan informasi berupa gelombang elektromagnetik. AM bekerja dengan memodulasi (memvariasikan) amplitudo sinyal atau pembawa yang dikirim sesuai dengan informasi yang dikirim, sementara frekuensinya tetap konstan. Ini berbeda dari teknologi FM dimana informasi (suara) dikodekan dengan memvariasikan frekuensi gelombang dan amplitudonya dijaga tetap konstan.

DalamTeknologi dan Art Radio diketahui bahwa kelebihan radio AM adalah relatif mudah dideteksi dengan peralatan sederhana, meski sinyal tidak terlalu kuat. Keuntungan lainnya adalah bandwidthnya lebih sempit dari FM, dan cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan radio FM. Kelemahan utama dari AM adalah bahwa sinyal dipengaruhi oleh badai listrik dan gangguan frekuensi radio lainnya. Selain itu, meskipun pemancar radio dapat mentransmisikan gelombang suara frekuensi hingga 15 kHz, kebanyakan receiver hanya mampu mereproduksi frekuensi hingga 5 kHz atau kurang. Wideband FM diciptakan untuk secara khusus mengatasi gangguan gangguan radio AM.Keuntungan yang berbeda yang dimiliki FM di atas AM adalah radio FM memiliki kualitas suara yang lebih baik daripada radio AM.

Radio dan Kaset

Disamping faktor kelebihan, juga tentunya ada faktor kekurangan. Dalam pembahasan Teknologi dan Art Radio, kelemahan dari sinyal FM adalah bahwa hal itu lebih lokal dan tidak dapat ditransmisikan melalui jarak jauh. Dengan demikian, dibutuhkan lebih banyak stasiun radio FM untuk menjangkau area yang luas. Apalagi, kehadiran bangunan tinggi atau daratan bisa membatasi jangkauan dan kualitas FM. Ketiga, FM membutuhkan receiver dan pemancar yang cukup rumit daripada sinyal AM.

Radio FM mulai populer di tahun 1970an dan awal tahun 80an. Pada tahun 1990an sebagian besar stasiun musik beralih dari AM dan mengadopsi FM karena kualitas suaranya lebih baik. Tren ini terlihat di Amerika dan sebagian besar negara di Eropa, dan saluran FM perlahan-lahan melebihi saluran AM. Saat ini, penyiaran pidato (seperti saluran bicara dan berita) masih memilih menggunakan AM, sementara saluran musik hanya milik FM.