Kembali pada masa ketika banyak orang masih menggunakan radio (bukan smartphone dan tablet) untuk mendengarkan berita dan musik terbaru di radio AM mereka, pengenalan radio FM untuk penyiaran komersial adalah sebuah inovasi teknologi radioterbaru yang juga memicu sebuah masalah. Sebenarnya sangat penting bahwa istilah ‘FM’ menjadi identik dengan saluran radio yang memainkan musik. Terkadang beberapa orang masih tidak mengetahui istilah “FM” dengan perangkat yang memutar musik via gelombang radio.Meskipun AM dan FM adalah dua metode penyampaian informasi yang sangat populer melalui sinyal radio, namun ada beberapa perbedaan utama yang menghasilkan keuntungan dan kelemahan tersendiri bagi keduanya. Namun, sebelum kita sampai di sana, mari kita bahas beberapa hal mendasar.

Anak-anak sedang Bermain Radio

Dalam teknologi radio, sinyal radio ‘dimodulasi’ sehingga bisa ditransmisikan dalam jarak jauh. Dalam istilah yang paling sederhana, ini berarti bahwa sinyal radio (atau sinyal input), yaitu sinyal yang membawa informasi audio, ditambahkan dengan sinyal pembawa.Tidak seperti sinyal radio (yang biasanya memiliki frekuensi sangat rendah), sinyal pembawa memiliki amplitudo dan frekuensi konstan, yaitu bentuk gelombang konstan, yang membantu membawa sinyal radio dalam jarak jauh. Proses ‘mounting’ sinyal asli ke gelombang pembawa disebut modulasi.Modulasi analog memiliki tiga jenis: modulasi amplitudo, modulasi frekuensi dan modulasi fasa.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teknologi radioAM melibatkan perubahan amplitudo gelombang pembawa, sedangkan FM melibatkan perubahan frekuensi gelombang pembawa. Rentang frekuensi khas di mana AM bekerja adalah 535 sampai 1705 Kilohertz, sedangkan rentang frekuensi sekitar 88 hingga kurang lebih 108 Megahertz untuk FM.Tidak seperti AM, sinyal FM tidak dapat berjalan dalam jarak jauh; Oleh karena itu, sinyal FM memiliki penerimaan yang baik di kota-kota, sedangkan sinyal AM (biasanya digunakan untuk berita penyiaran) memiliki kualitas suara yang lebih rendah, namun dapat ditransmisikan ke tempat yang lebih terpencil.Ini karena gelombang FM memiliki rentang kecil dalam hal wilayah geografis yang dapat mereka lindungi, sedangkan gelombang AM memiliki rentang yang jauh lebih besar dan oleh karena itu dapat diterima bahkan di daerah pedalaman. Inilah alasan mengapa kebanyakan stasiun berita menggunakan AM over FM, karena mereka ingin informasi tersebut menjangkau sebanyak mungkin orang.