Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namnya radio, yap. Radio merupakan sebuah teknologi audio yang disebarluaskan untuk pengiriman sinyal kepada pendengarnya. Radio bisa kita dengar, lewat adanya gelombang radio. Gelombang radio merupakan suatu bentuk dari radiasi elektromagnetik yang melintas dan merambat lewat udara, jadi radio nggak perlu kabel untuk memancarkan gelombangnya ya. Radio ini hebatnya, bisa merambat lewat luar angkasa yang hampa udara lho. Keren kan?. Sejarah radio pertama kali digunakan untuk kepentingan maritim oleh negara, bisanya mereka mengirimkan sinyal melalui gelombang radio untuk disalurkan dari laut ke darat maupun sebaliknya. Contoh, salah satu yang paling terkenal dalam penggunaan radio adalah tenggelamnya RMS Titanic 1912, yang mengkomunikasikan kapal yang tenggelam dengan kapal terdekat dan kestasiun yang ada didarat.
Lalu radio juga biasa digunakan untuk mendeteksi pesawat maupun kapal dengan penggunaan radar. Dahulu radio masih sulit didaptkan karena hanya untuk kepentingan militer saja, namun beriring sejalannya waktu radio semakin popular sebelum adanya kemunculan TV. Radio oleh masyarakat dijadikan sebagai sarana prasana hiburan, berbagai macam talk show, drama komedi, berita dan lain sebagainya. Seseorang yang menyampaikan sebuah gelombang audio kepada pendengar disebut sebagai penyiar. Kemudian orang yang pertama kali melakukan siaran radio dengan suara manusia adalah Reginald Aubrey Fessenden, dengan menggunakan gelombang radio yang masih sederhana yaitu gelombang AM.
Radio semakin popular dari tahun ketahun, karena tekonologi yang terus dikembangkan oleh manusia kini radio menjadi favorite masyarakat yang bergabung bersama agen bola. Di Indonesia penggunaan radio menjadi salah satu sumber informasi yang bisa mereka dapatkan, namun dahulu belum semua bisa memiliki radio. Ketika berita kekalahan jepang tersebar luas melalui radio, dan sampai ke Indonesia membuat golong muda membara untuk mendesak Soekarno membacakan proklamasi. Setelah proklamasi selesai dibacakan, informasi bahwa Indonesia sudah merdeka tersebar luas keselauruh pelosok negri bahkan sampai ke luar negri berkat pengunaan radio. Walaupun kini radio hanya sebatas hiburan jadul, namun tanpa adanya radio
Kemudian, bagaimana seharusnya karakteristik dari radio itu sendiri?. Berikut cirinya:
1. Auditif, Radio merupakan sebuah media yang hanya bisa didengar.
2. Theatre of Mind, Maksudnya adalah siaran radio merupakan seni, yang memunyai sifat mengajak orang berimajinasi hanya dengan mendengar dan menggambarkannya melalui suara.
3. Transmisi, Penyebarluasan audio, melalui gelombang elektroagnetik yaitu AM atau FM
4. Cepat dan Langsung, Radio merupakan sarana yang cepat dan bersifat langsung terjadi dalam berbagai hal.
5. Akrab, Penyiar dan pendengar biasanya akan terlihat akrab. Karena kemampuan penyiar yang bisa membuat pendengar tersebut serasa akrab dengannya.
6. Dekat, Selain akrab, antara penyiar dan pendengar biasanya dekat. Karena, sekarang ini bisa diakukan dengan call interactive dan lain sebagainya.
7. Tanpa batas, radio merupakan media yang tanpa batas dalam menyampaikan segala sesuatu, baik berupa informasi, hiburan dll. Karena,
8. Murah, sesuatu yang bisa didapatkan dimana saja untuk saat ini. Misalnya, di handphone.
9. Fleksibel, karena ini hanya didengar jadi fleksibel tanpa mengganggu aktivitas lain.